Point of View

Hari ini aku mengikuti sebuah seminar yang diadakan fakultasku yaitu Maranatha Economic & Business Conference 2016. Aku mengikuti seminar ini karena beberapa dosen di semester ini mewajibkannya dan dapat menambah nilai tugasku jadi sebenarnya bukan niatku murni untuk mengikuti seminar ini. Bukan hanya aku saja, banyak mahasiswa lain mengalami hal yang sama. Maklumlah, minat mahasiswa untuk mengikuti seminar memang cukup rendah di kampusku sekalipun seminar yang diadakan sangat baik.

Tapi ini yang kuperoleh selama mengikuti seminar tadi ketika aku mendengarkan dengan sungguh-sungguh: materi seminar ternyata diisi oleh speaker-speaker yang luar biasa menurutku. Aku belajar banyak hal tentang entreprenuer dan global networking dari company sharing mereka yang membangkitkan keinginanku untuk suatu hari nanti menjadi pengusaha dan menyadarkanku untuk membangun pertemanan yang luas serta memanfaatkan media-media elektronik yang tersedia saat ini.

Sebagai mahasiswa kita tidak boleh melihat hanya dari kaca mata kita bahkan punya negative thinking yang tinggi. Fakultas berusaha menyelenggarakan seminar yang baik ditambah menjadikannya program wajib bukan untuk ‘mengeruk’ uang mahasiswa atau menambah tugas mahasiswa tapi karena memang materi yang disampaikan akan sangat berguna bagi kehidupan mahasiswa. Entah untuk memberikan ilmu baru atau membuka pikiran mahasiswa tentang dunia kerja. Aku secara pribadi akhirnya merasa sangat bersyukur mengikuti MEBC 2016 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Bukan karena aku mendapat doorprize (yang biasanya paling ditunggu mahasiswa dan memang aku ngga dapat -_-) namun yang lebih besar dan penting adalah ilmu yang aku peroleh.

Kalau aku tadi tetap mengikuti seminar setengah hati dan hanya mencatat apa yang disampaikan speaker tanpa benar-benar mendengarkannya (karena ini bagian dari tugasku) pastilah setelah seminar selesai aku sudah melupakan materi-materi tersebut. Pada akhirnya aku sendiri yang rugi karena membayar (tiket) untuk sesuatu yang tidak bermanfaat (karena tidak mendapat apa-apa) bagiku.

So guys…

Mari kita melihat dari sudut pandang yang berbeda maka kita akan menemukan berkat yang tidak terlihat dari pandangan kita sekarang. Jangan malas ikut seminar, seminar pasti ada gunanya! ^^

Aku percaya apa yang telah aku terima hari ini sudah mengubahkan aku dan masa depanku. Go find yours!

Tinggalkan Balasan

