Balance

Aku berpikir apa yang telah aku lakukan baik namun ternyata hal itu hanya baik bagi diriku sementara orang lain tidak merasakannya.

Aku sangat menyarankan bagi kita semua untuk selalu mengukur kemampuan diri sendiri sebelum memutuskan untuk terlibat dalam suatu kegiatan atau mengambil tanggung jawab tertentu.

Sebab, setelah kita menerima tanggung jawab tersebut maka tidak ada ruang lagi bagi kita untuk mengeluh bahwa kita terlalu lelah dengan semua tuntutan yang diberikan dan tidak bisa membagi-bagi fokus kita kepada terlalu banyak hal.

Ketika kita hanya sanggup menjalankan dua maka jangan ambil tiga.
Ketika kita hanya sanggup menjalankan satu maka jangan ambil dua apalagi empat.

Orang lain biasanya tidak terlalu mau memahami bahwa kita punya kesibukan lain di luar tanggung jawab yang dia percayakan bagi kita dan yang dia mau tahu hanyalah kita harus menjalankannya dengan baik. Kita tidak dapat menyalahkan mereka ketika kita tidak dimengerti sebab setelah memilih hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab kita.

Maka jangan pilih-pilih ketika kita memegang lebih dari satu tanggung jawab, kita harus bertanggung jawab dengan memberikan yang terbaik bahkan sekalipun itu harus mengorbankan banyak usaha/waktu/kesenangan yang bisa kita nikmati.

Karena ketika kita hanya memilih untuk memberikan yang terbaik pada satu tanggung jawab, orang lain yang berbagi tanggung jawab berbeda akan melihat kita sebagai orang yang lalai. Maka dari itu kita harus dapat bertanggung jawab dalam semua hal dan melakukannya dengan seimbang sehingga dimanapun kita berada dapat menjadi berkat bukan batu sandungan :).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s